Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2022): Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Optimalisasi Prestasi Akademik melalui Pendekatan Jigsaw Learning dalam Pendidikan Agama Islam di SDN Asemrowo II / 63 Surabaya

Dwi Sujianto (Unknown)
Sukisno (Unknown)
Muhammad Nizar (Unknown)
Muhibbudin Zuhri (Unknown)
Bachtiar Hariadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Pendidikan Agama Islam di SDN Asemrowo II/63 Surabaya memegang peran utama dalam membentuk karakter dan pemahaman nilai-nilai Islam bagi siswa. Untuk meningkatkan prestasi akademik dan merespons tantangan pembelajaran yang inovatif, pendekatan Jigsaw Learning diimplementasikan sebagai strategi pembelajaran. Metode yang digunakan menggunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merespons positif terhadap pendekatan Jigsaw Learning. Mereka menyatakan kepuasan dan keaktifan dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterlibatan, dan mengatasi kebosanan. Guru juga menyaksikan peningkatan partisipasi siswa, pemahaman materi yang lebih mendalam, dan tingkat prestasi akademik yang lebih baik. Penerapan Jigsaw Learning dalam Pendidikan Agama Islam di SDN Asemrowo II/63 Surabaya memberikan kontribusi positif terhadap optimalisasi prestasi akademik pelajaran pendidikan agama Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

akad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akademika terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian tentang pendidikan. Secara berkala Jurnal Akademika akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan ...