Motivasi dan kompensasi mempunyai peran penting untuk meningkatkan kinerja guru. Dengan adanya peningkatan pada kinerja guru akan berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) motivasi kepala madrasah pada guru MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi, (2). kompensasi guru MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi, dan (3) kinerja guru MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru. Analisis data model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi. Hasil penelitian (1) Motivasi yang dilakukan kepala madrasah adalah melalui motivasi intrinsik dengan menggugah hati guru terkait kinerja, memberikan reward guru berprestasi, memberikan wewenang, mengingatkan tanggung jawab, mengajak bencmarking, promosi/kenaikan jabatan, memotivasi keberhasilan guru. Motivasi ekstrinsik dengan memberikan gaji berdasarkan kemampuan madrasah (yayasan), insentif bagi guru yang mempunyai tugas tambahan, mengadakan pelatihan, monitoring dan evaluasi selama 6 bulan sekali danĀ kebijakan memberikan penghargaan. (2) Kompensasi di MA Darul Ulum yaitu kompensasi finansial dilihat dari gaji yang disesuaikan kinerja guru. Sedangkan kompensasi dalam bentuk non finansial atau tambahan guru di MA Darul Ulum dapat membuat soal, kisi kisi soal, daftar nilai awal, dan akhir hasil ujian, mendapatkan tambahan jika dapat mengerjakan tugas. (3) Kepala madrasah selalu memotivasi dan mengevaluasi kinerja guru. untuk mendorong kinerja guru: menentukan prioritas; berpartisipasi secara aktif; rencana kerja tim.
Copyrights © 2024