Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 6 No 2 (2024): Metakognisi

Peran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Dalam Meningkatkan Kesetaraan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus Universitas Salakanagara)

Puspito Rini, Puput (Unknown)
Asep Muhyidin (Unknown)
Cucu Atikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dalam meningkatkan Kesetaraan Pendidikan Tinggi di Universitas Salakanagara. Program KIP Kuliah merupakan program beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan untuk memahami manfaat program ini dalam membentuk karakter mahasiswa serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui survei dan wawancara dengan mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah di Universitas Salakanagara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang peran program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program KIP Kuliah memiliki kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kesetaraan mahasiswa lingkungan Universitas Salakanagara. Melalui program ini, mahasiswa penerima beasiswa dapat mengembangkan kepemimpinan, tanggung jawab, dan kemandirian. Program ini juga memberikan motivasi tambahan bagi mahasiswa untuk meraih prestasi yang lebih baik dalam bidang akademik. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa Program KIP Kuliah memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dengan bantuan finansial yang diberikan, mahasiswa dapat fokus pada studi mereka tanpa harus terbebani oleh masalah keuangan.Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam implementasi program ini, seperti seleksi yang ketat, pemantauan yang efektif, dan pengelolaan dana yang tepat. Oleh karena itu, rekomendasi yang diajukan meliputi peningkatan sosialisasi program kepada mahasiswa dan pihak terkait, dukungan pendampingan yang lebih baik, serta evaluasi yang berkala untuk memastikan efektivitas dalam program ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...