Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 6 No 1 (2024): Metakognisi

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT INSAN ATQIYA

Kusmana, Nandang (Unknown)
Ardianto, Teguh (Unknown)
Handayani, Suci Dwi (Unknown)
Rifki (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDIT Insan Atqiya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V, serta orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran untuk memotivasi siswa, menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, memberikan stimulus, menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, melakukan tanya jawab, meerespons pertanyaan siswa, mengadakan evaluasi, dan menyimpulkan materi pelajaran. Faktor pendukung meliputi motivasi belajar siswa yang tinggi, metode pembelajaran yang tepat, dan lingkungan belajar yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat adalah guru yang terkadang monoton dalam mengajar. Diperlukan upaya berkelanjutan dari guru dan dukungan dari berbagai pihak untuk terus meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...