Sebagai sebuah negeri yang kaya akan perabadannya, Mesir memiliki sebuah Universitas yang telah divalidasi oleh kalangan umat Muslim di seluruh dunia karena mampu melahirkan dan mencetak ulama-ulama besar selama beberapa dekade terakhir. Penelitian Kualitatif berbasis library research dengan menggunakan metode analisis kritis ini diarahkan kepada upaya untuk menelaah secara komprehensif kebijakan pendidikan Islam di Al-Azhar pada masa kontemporer, mulai dari konsep dan tujuan pendidikan, sistem pendidikan, sumber daya, struktur kelembagaan Al-Azhar, pemilihan Grand Syekh Al-Azhar serta perbandingannya dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Penelitian ini menemukan beberapa arah kebijakan pendidikan yang cukup berbeda dengan kebijakan pendidikan yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah tujuan pendidikan yang diarahkan agar pesera didik mencapai kebahagian di dunia dan diakhirat melalui penguasaan terkait pemahaan agama, bahasa serta budaya; tidak adanya skripsi maupun tugas harian dan mingguan, dan diktat yang ditulis oleh para dosen pengampu merupakan bahan utama ujian akhir.
Copyrights © 2024