Experiment: Journal of Science Education
Vol 4, No 1 (2024)

Peningkatan Pemahaman Partikel Penyusun Benda Melalui Animasi 3 Dimensi

Herlina, Dinny (Unknown)
Wibowo, Agus Mukti (Unknown)
Miftahusyai’an, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Pemahaman terhadap partikel penyusun benda sangat penting dikuasi karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan menjadi dasar untuk menguasai materi ditingkat selanjutnya. Kesulitan pengusaaan partikel penyusun benda disebabkan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan animasi 3 dimensi terhadap pemahaman siswa pada materi partikel penyusun benda. Metode eksperimen one group pre-test post-tes digunakan dalam penelitian pada 32 siswa sekolah menengah. Data dikumpulkan menggunakan instrument observasi pembeljaran dan instrument test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi 3 dimensi yang diterapkan memberikan pengaruh signifikan pada pemahaman konsep siswa pada materi partikel penyusun benda. Selain itu motivasi untuk menguasai konsep menjadi lebih tinggi selama prose pembelaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

experiment

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Experiment: Journal of Science Education published twice a year since March 2021. This journal is published by Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of early childhood education to publish ...