Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 4 (2024): Juli

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS GAME SPINNER TERHADAP PENGUSAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA TK ISLAM BANI USMAN MANUNGGAL

Diana Rahmawati (Unknown)
Mariah (Unknown)
Siti Maisah (Unknown)
Suarah (Unknown)
Iman Nurjaman (Unknown)
Muhammad Guruh Nuary (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris sudah menjadi suatu kebutuhan masyarakat luas. Melalui Pendidikan Anak Usia Dini sebagai lembaga pendidikan yang paling awal. Pengembangan kosakata bahasa Inggris dimulai dari yng paling dasar yaitu dengan memperkenalkan kosakata bahasa Inggris. Guru sebagai tenaga pendidik harus sadar dan paham tentang pentingnya menciptakan proses pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Metode pembelajaran bahasa asing kepada anak usia dini tentu berbeda cara dengan usia remaja. Anak perlu diajarkan dengan cara yang menyenangkan, sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini. Metode permainan adalah salah satu cara yang tepat dalam mengajarkan kosakata bahasa Inggris kepada anak usia dini. Sebab bermain merupakan sarana belajar bagi anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas.Yang mana, melalui data-data relevan yang terkait dengan pokok pembahasan, peneliti mengumpulkan, mengelompokan, mengolah data hingga menghasilkan suatu kesimpulan baru. Dalam hal ini permainan Spin game yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berpengaruh baik dalam perkenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...