Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan akhlak terpuji berbasis pendekatan demokratis menuju Indonesia Emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada fakta-fakta pembelajaran di kelas enam SDN Sindangraja 1 Cianjur. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak terpuji berbasis pendekatan demokratis menuju Indonesia Emas di SDN Sindangraja 1 Cianjur sudah terimplementasikan dengan baik melalui sistem penyelenggaraan pendidikan yang bersifat demokratis dan berkeadilan, serta tidak diskriminatif dengan menjunjung hak peserta didik, nilai keagamaan, nilai kultur dan kemajemukan bangsa, sehingga dari nilai-nilai tersebut lahirlah ketauhidan, pembiasaan beribadah, keteladanan dan pembiasaan. Rekomendasi dari penelitian ini bahwa nilai-nilai demokrasi perlu diungkapkan secara jelas pada setiap materi pelajaran terutama pelajaran agama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023