Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor emosional dan rasional yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Langsa 2 sebagai tempat menabung. Metode – Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden terdiri dari empat nasabah dan satu karyawan BSI. Hasil Penelitian – Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor emosional terhadap keputusan nasabah dalam memilih menabung di BSI KC Langsa 2 yaitu ikut-ikutan keluarga dan alasan religius. Faktor rasional terhadap keputusan nasabah dalam memilih menabung di BSI KC Langsa 2 yaitu karena kualitas pelayanan yang baik, ramah dan fasilitas yang diberikan. Selanjutnya BSI KC Langsa 2 juga menghadapi beberapa kendala dalam mempengaruhi keputusan nasabah, kendala tersebut meliputi masalah dalam bidang pelayanan, seperti panjangnya antrian, serta berbagai masalah yang berkaitan dengan nasabah itu sendiril Keterbatasan – Keterbatasan penelitian ini terletak pada sampel yang terbatas pada satu kantor cabang BSI, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasikan ke seluruh BSI di Indonesia. Implikasi Praktis – Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas sampel dan mengeksplorasi lebih dalam faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih bank syariah
Copyrights © 2024