Tujuan penelitian ini, untuk mencari data dan membuktikan ada dan tidaknya signifikansi pengaruh yang diberikan keteladanan pendidik terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMPIT Insan Cendikia Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 115 orang, dan sampel ditetapkan sebanyak 33 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling untuk kepentingan angket. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrument berupa angket keteladanan pendidik dan karakter peserta didik. Dengan nilai koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,164. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,027 yang mengandung pengertian bahwa besar kontribusi pengaruh variabel bebas (keteladanan pendidik) terhadap variabel terikat (karakter peserta didik), berada pada kategori yang sangat lemah ialah sebesar 0,27 (3%). Hasil analisa data yang dihasilkan= 0,221 <= 0,404. Karena berada pada kategori yang sangat lemah berdasarkan pedoman derajat hubungan nilai pearson corelasi, korelasi tersebut diabaikan. Dimana kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini ialah tidak terdapat pengaruh antara ariable keteladanan pendidik terhadap ariable karakter peserta didik
Copyrights © 2024