JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI CINTA TANAH AIR MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA

Salfadilah, Fatonah (Unknown)
Amanabella, Maulina (Unknown)
Setiawan, Eri (Unknown)
Rizky, Vega Bintang (Unknown)
Wibowo, Yusuf Rendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bermula karena kurangnya kesadaran siswa terhadap nilai-nilai cinta tanah air. Sejatinya, kecintaan terhadap tanah air harus di tumbuh kan sedari dini. Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang berperan besar terhadap pendidikan nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan untuk menanamkan karakter cinta tanah air pada pembelajaran pendidikan Pancasila. Kualitatif deskriptif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 14 Way Serdang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap April 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanaman karakter cinta tanah air dapat ditanamkan melalui kegiatan pembelajaran dan juga melalui pembiasaan-pembiasaan serta melalui nasihat dan keteladanan. Pada kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan. Seperti, pembiasaan berbahasa Indonesia, menyanyikan lagu-lagu wajib nasional, menginternalisasikan pembelajaran dengan kegiatan upacara bendera, membiasakan siswa ikut serta dalam kegiatan kebudayaan. Adapun faktor pendukung strategi penanaman cinta tanah air ialah tingginya motivasi, semangat, serta antusias siswa, mata pelajaran pendidikan Pancasila, fasilitas yang memadai. Faktor penghambat yaitu perkembangan teknologi yang pesat yang disalah gunakan, lingkungan yang kurang nasionalisme.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...