JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Mawaddah, Indi Aqilah (Unknown)
Rohana (Unknown)
Rizhardi, Rury (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan Alessi & Trollip (Planning, Design, and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, tes hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dilakukan menggunakan alpha test untuk memvalidasi media yang melibatkan validator diperoleh skor rata-rata validator ahli 91% dengan kriteria “sangat valid”. Beta test dilakukan dengan memberikan angket respon peserta didik untuk memperoleh kepraktisan dengan skor 98% dengan kriteria “sangat praktis”. Field test dilakukan untuk melihat keefektifan produk pada kelas IV memperoleh skor 93% dengan kriteria “sangat efektif”. Jadi media pembelajaran video animasi berbasis saintifik pada materi indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas IV SD Negeri 222 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...