JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MUATAN PPKN KELAS III SEKOLAH DASAR

Amini, Anisa (Unknown)
Syahrial (Unknown)
Alirmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 111/I Muara Bulian dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen observasi yang digunakan adalah lembar observasi minat belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box dapat meningkatkan minat belajar siswa pada muatan PPKn, upaya peningkatan minat belajar siswa menggunakan instrumen lembar observasi berdasarkan siklus 1 diperoleh persentase keberhasilan sebesar 34,62% dan siklus 2 sebesar 76,91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box dapat meningkatkan minat belajar siswa terlihat dari peningkatan minat belajar yang telah mencapai 76%. Selain itu, model pembelajaran berbantuan media ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...