Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN 21 Kota Bima bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui pendekatan pembelajaran yang aktif dan kontekstual. PBL memaksa siswa bekerja dalam tim untuk menyelesaikan proyek yang berkaitan dengan dunia nyata. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan berjenis penelitian lapangan. Untuk mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi, Proses pengolahan dan analisis data yang digunakan oleh Miles dan Huberman termasuk penyesuaian, penyajian, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Studi ini menemukan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat membantu peserta didik Kelas V di SDN 21 Kota Bima menjadi lebih aktif, bersemangat, dan antusias. Selain itu, kegiatan pembelajaran berbasis proyek membantu siswa dalam mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif mereka. Oleh karena itu, PBL tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi IPS, tetapi juga mengajarkan mereka keterampilan yang sangat penting untuk menghadapi kesulitan di masa depan. Pembelajaran berbasis proyek ini, dianggap sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif untuk menciptakan karakter tingkat sekolah dasar. keterlibatan dalam model Project-Based Learning yang dapat dianggap sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter tingkat Sekolah Dasar.
Copyrights © 2024