caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni 2024

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN IV DAWUNGSARI

Widyaningsih, Yennie Indriati (Unknown)
Rajji Koswara Adiredja (Unknown)
Octarina Dewi (Unknown)
Gunawan, Dani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan model one group pretest-posttest design yang melibatkan 31 siswa kelas V SDN IV Dawungsari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan model problem based learning. Karena 25,08 > tα : 0,05 = 2,04 maka dapat disimpulkan menolak Ho, artinya pernyataan perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah adalah berbeda. Atau dapat dikatakan terdapat pengaruh/efektivitas model problem based learning terhadap keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa pada saat pretest keterampilan berbicara siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,13. Sedangkan pada saat posttest keterampilan berbicara siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,74. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas V SDN IV Dawungsari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...