UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 No 1 September 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan

Zain, Indrawati (Unknown)
Azis, Andi Asmawati (Unknown)
Arsyad, Muhammad (Unknown)
Puspita, Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment) yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh kelas XI MIPA yang berjumlah enam kelas pada tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 10 Luwu, pengambilan sampel secara acak (simple random sampling) dan terpilih dua kelas sebagai subjek penelitian, kelas XI MIPA 2 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIPA 3 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 81,88 dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 76,35. Berdasarkan hasil analisis inferensial uji Anacova (Analysis of Covariance) maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan makanan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...