Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment) yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh kelas XI MIPA yang berjumlah enam kelas pada tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 10 Luwu, pengambilan sampel secara acak (simple random sampling) dan terpilih dua kelas sebagai subjek penelitian, kelas XI MIPA 2 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIPA 3 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 81,88 dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 76,35. Berdasarkan hasil analisis inferensial uji Anacova (Analysis of Covariance) maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan makanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023