MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 4 (2024): April

KENDALA SEKOLA DALAM PENGADAAN KEBUTUHAN LABORATORIUM IPS DI MTS NEGERI KABUPATEN KUDUS

Ainun Wahayuningtiyas (Unknown)
Risma Amalia (Unknown)
Fainanu Zuhaida (Unknown)
Luqman Abdurrauf (Unknown)
Kuswaningsih , Kuswaningsih (Unknown)
Noor Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Laboratorium IPS merupakan salah satu prasarana penunjang dalam proses pembelajaran IPS dan kini di sekolah sudah semakin berkembang, hal ini terlihat mulai dari munculnya laboratorium IPS dibeberapa daerah. Namun sayangnya fenomena tersebut belum didapati di MTs Negeri Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala-kendala sekolah dalam pengadaan laboratorium IPS di MTs Negeri di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Kabupaten Kudus tepatnya pada MTs Negeri 1 Kudus dan MTs Negeri 2 Kudus. Data yang dikumpulkan yaitu berupa data kualitatif. Subjek penelitian ini yakni guru IPS di MTs Negeri 1 Kudus dan MTs Negeri 2 Kudus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: kendala sekolah dalam penyediaan laboratorium IPS dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu kendala eksternal dan kendala internal. Berdasarkan penelitian kendala-kendala tersebut, antara lain kebijakan standar sarana prasaran pendidikan, skala prioritas sarana prasarana sekolah, kurangnya dana dan kurangnya lahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...