KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya
Vol. 5 No. 3 (2024): April

Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior

Salsabila, Adinda (Unknown)
Dwi Ajeng Mareta Putri (Unknown)
Bakhrudin All Habsy (Unknown)
Shindy Krisnandini (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2024

Abstract

Disiplin sudah menjadi hal dasar yang yang harus dilakukan oleh para peserta didik dengan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan disekolah. Namun, masih tak jarang ada peserta didik yang melanggar tata tertib tersebut. Sebagai guru BK, dapat dilakukan layanan yang dapat merubah tingkah laku peserta didik yaitu dengan melakukan konseling behavioral. Konseling behavior salah satu teknik terapi dalam konseling yang berlandaskan pada teori belajar yang berfokus pada tingkah laku individu. Konseling ini bertujuan untuk membantu konseli mempelajari tingkah laku baru dalam memecahkan masalah melalui teknik-teknik yang berorientasi pada tindakan. Hasil yang diharapkan yaitu merubah tingkah laku yang negatif dan mempertahankan tingkah laku positif tersebut. Konseling behavior ini dapat dilakukan secara berkelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu literature review dengan melihat artikel, jurnal, dan buku yang relevan dengan topik. Hasil penelitian yang dibahas dalam konseling kelompok pendekatan behavioral yaitu manfaat, teknik-teknik, dan juga tahapan pelaksanaan konseling behavior.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konseling

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus artikel jurnal ini adalah Bimbingan dan Konseling, Layanan Konseling, Media dan TI dalam Konseling, Teknik-Teknik Konseling, Konseling ...