Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Word Square Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 21 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Word Square yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah research and development (R & D) dengan model yang digunakan ini adalah 4-D, objek penelitian ini ialah siswa kelas V yang berjumlah 6 orang. Teknik penelitian data ini dilakukan dengan dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kualitas media Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Word Square yang dilihat dari aspek kevalidan dikatakan termasuk dalam kategori valid dengan koefisien aiken v ahli bahasa 0,72, ahli materi 0,82, ahli media 0,9 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Word Square memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 96%, dan efektif dengan nilai 0,73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Word Square memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga bisa digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2023