JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 1, No 3 (2024): Juli 2024

Kajian Literatur Mengenai Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model PBL

Faidin, Faidin (Unknown)
Suharti, Suharti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi serta Seni sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan proses berpikir dan pemecahan masalah siswa. Oleh karena demikian, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah dua kemampuan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa dalam mengarungi hidup dI berbagai lini kehidupan. Kearifan lokal menjadi hal krusial dalam memicu proses berpikir dan pemecahan masalah terlebih pada sejarah lokal di daerah. Perihal ini adalah aktivitas yang membantu siswa dalam menggali, mengamati, menganalisis dan kritis terhadap suatu yang ditemukan. Sehingga kemudian proses berpikir tersebut dapat memberikan solusi pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi. Penulis menggunakan studi pustaka untuk melihat data dari jurnal, website, dan buku. Kemudian wawancara kepada siswa. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dengan basis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model PBL

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: ...