Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi serta Seni sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan proses berpikir dan pemecahan masalah siswa. Oleh karena demikian, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah dua kemampuan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa dalam mengarungi hidup dI berbagai lini kehidupan. Kearifan lokal menjadi hal krusial dalam memicu proses berpikir dan pemecahan masalah terlebih pada sejarah lokal di daerah. Perihal ini adalah aktivitas yang membantu siswa dalam menggali, mengamati, menganalisis dan kritis terhadap suatu yang ditemukan. Sehingga kemudian proses berpikir tersebut dapat memberikan solusi pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi. Penulis menggunakan studi pustaka untuk melihat data dari jurnal, website, dan buku. Kemudian wawancara kepada siswa. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dengan basis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model PBL
Copyrights © 2024