E-commerce atau penjualan online adalah transaksi yang dilakukan secara online, dengani menggunakan platform seperti situs web yang terhubung ke internet. Penjualan online tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Pemasaran dan promosi juga termasuk di dalamnya. Ketika pemasaran dan promosi online dilakukan dengan baik, maka akan mendapatkan penjualan online yang baik. E-commerce di Indonesia meningkat tajam pasca pandemi. Di awal tahun 2020, transaksi bisnis online meningkat sekitar 33% dengan nilai yang fantastis. Nilai dari 253 triliun rupiah dengan cepat meningkat menjadi 337 triliun rupiah. Penelitian ini mengambil judul peran pendidikan Pancasila dalam persaingan perdagangan di bidang e-commerce (online). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan pancasilaterutama nilai kejujuran dalam menghadapi persaingan penjualan dan menghadapi masalah dalam bisnis online, serta mengetahui apa saja jenis-jenis e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan teknik pengumpulan data mengambil sumber dari jurnal e-book dan media internet. Peran Pancasila dalam menghadapi permasalahan penjualan e-commerce digital sangat penting yaitu nilai kejujuran , harus menjadi nilai yang di implementasikan ketika mengambil keputusan untuk menjual produknya dengan nilai kejujuran, untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban dalam e-commerce serta menghindari dan meminimalisir terjadinya kasus-kasus yang merugikan orang lain.
Copyrights © 2024