Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektifitas permainan Game Throwing Ball Obstacle (GTBO) terhadap keterampilan lembar siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test post-test group design. Subyek dalam penelitian siswa SMPN 7 samarinda dengan Populasi berjumlah 229 siswa Sampel penelitian ini menggunakan pruposive sempling dengan beberapa kriteria sehingga sampel berjumlah 23 siswa, penelitian ini menggunakan instrumen lemparan papan target. Teknik pengumpulan data melalui pre-test dan post-test menggunakan tes keterampilan lempar. Hasil dari uji paired samples test menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,5 maka di simpulkan terdapat perbedaan yang nyata antar hasil pre-test dan post-test. Hasil Uji ngain score rata-rata skor keterampilan lempar siswa setelah melakukan treatmen yaitu 6,99% berada pada kategori rendah, tetapi secara keseluruhan signifikan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa permainan (GTBO) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keterampilan lembar siswa SMP. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat memperpanjang siklus penelitian agar permainan (GTBO) bisa lebih efektif dalam melakukan keterampilan lempar.
Copyrights © 2024