JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 9, No 3 (2024): Agustus, Education, Social Issue and History Education.

Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa kelas X di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau

Andra*, Resi Tri (Unknown)
Isbandiyah, Isbandiyah (Unknown)
Susilo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar sejarahsiswakelas X SMA Al-IkhlasLubuklinggausetelahditerapkan metode pembelajaran Card Sort. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (pre-test dan post-test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Sejarah dalam materi kerajaan Singasari siswa kelas X SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau setelah diterapkan metode card sort secara signifikan tuntas. Hal ini dapat dilihatbahwa hasil nilai rata-rata pada saat tes awal (pre-test) adalah 58,88meningkat pada tes akhir (post-test) menjadi 83,25.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...