JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 9, No 3 (2024): Agustus, Education, Social Issue and History Education.

Penerapan Media Pembelajaran Canva Berbasis Picture Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar

Hervanis*, Regita Nada (Unknown)
Sustianingsih, Ira Miyarni (Unknown)
Susilo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah kaitanm Penerapan Media Pembelajaran Canva Berbasis Picture Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) yang terdiri dari dua kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik eksperimen semu, yang menjadikan sampel pada penelitian ini sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan teknik dokumen berupa nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa di semester ganjil dan genap untuk melihat tingkat minat yang dimiliki siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tenik korelasi dan normalitas sehingga analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif (inferensi) atau menggunakan formula statistic matematis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...