Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024)

Peningkatan EMI (English As Medium of Instructions) dalam Membentuk Guru Kompetitif dan Pengajaran Berstandar Untuk Mencapai Pendidikan Bermutu Berdasarkan SGDs

Akhmad Affandi (Unknown)
Andi Muhammad Fadlih (Unknown)
Auliyanti Sahril Nurfadhilah (Unknown)
Muhammad Safar Nur (Unknown)
Fakhri, M. Miftach (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan English Medium Instruction (EMI) di SMA Negeri 5 Gowa, guna membentuk pengajaran yang kompetitif dan berkualitas sesuai standar global. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research yang melibatkan 23 guru dalam serangkaian pelatihan intensif, mentoring, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan bahasa Inggris, pengelolaan kelas, serta kesiapan guru dalam menggunakan EMI, dengan peningkatan rata-rata skor post-test sebesar +1.2 hingga +1.4. Selain itu, komitmen dan keterlibatan manajemen sekolah dalam mendukung EMI juga mengalami peningkatan, menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi keberlanjutan program. Program ini efektif dalam membekali guru dengan keterampilan dan strategi mengajar dalam bahasa Inggris, serta mendorong komitmen institusi untuk memastikan keberhasilan implementasi EMI. Untuk keberlanjutan, direkomendasikan adanya dukungan berkelanjutan dan peningkatan akses terhadap sumber daya digital di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

panrannuangku

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Health Professions Library & Information Science

Description

The mission of Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat is to serve as the premier peer-reviewed, interdisciplinary journal to advance theory and practice related to all forms of outreach and engagement . This includes highlighting innovative endeavors; critically examining emerging issues, ...