Education and Counseling Journal
Vol 4 No 2 (2024): Edisi Agustus

PENERAPAN BUDAYA POSITIF MELALUI KESEPAKATAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 13 MEDAN

Simanjuntak, March Kevin (Unknown)
Kesuma, Sapta (Unknown)
Muslim, Yusnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Warga kelas dapat mencapai kesepakatan atau prinsip dasar bersama untuk melakukan disiplin positif. Untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik Kelas X SMA Negeri 13 Medan, praktik positif ini bertujuan untuk mengajarkan mereka berperilaku budaya positif melalui kerja sama kelas. Dengan menerapkan budaya positif melalui kesepakatan kelas, upaya untuk meningkatkan disiplin peserta didik. Dengan bantuan guru, kesepakatan kelas ini tercipta melalui proses curah pendapat dari semua peserta didik. Guru juga dapat mencatat bagaimana penerapan kesepakatan kelas berdampak pada situasi belajar dalam lembar observasi ini. Hasil dari praktik positif ini, yaitu penerapan budaya positif melalui kesepakatan kelas, menunjukkan bahwa disiplin belajar peserta didik dapat ditingkatkan dan peserta didik dengan sendirinya akan mengurangi perilaku tidak disiplin. Perilaku budaya positif yang ditunjukkan peserta didik menunjukkan bahwa disiplin mereka mulai meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...