Meminta dan memberi saran merupakan materi yang mengandung ungkapan tentang ekspresi meminta, memberi dan menanggapi saran dan respon menerima atau menolak ssaran. Materi ini erat kaitannya dengan kemampuan berbicara, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitiannya adalah tanggapan yang diberikan siswa di dalam percakapan meminta dam memberi saran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tanggapan yang digunakan siswa dalam materi meminta dan memberi saran serta mengelompokkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi siswa ketika memilih tanggapan yang diberikan dalam percakapan meminta dan memberi saran. Berdasarkan data yang diperoleh dari respon tertulis siswa dan wawancara peneliti menemukan bahwa setiap siswa mempunyai jawaban yang berbeda-beda dan memiliki alasannya masing-masing. Peneliti menemukan bahwa siswa tersebut mempunyai faktor-faktor yang menghambat mereka dalam menentukan jawaban mereka sehingga peneliti menggunakan pengelompokan yang terdapat di dalam jurnal handayani. Sehingga 15 siswa tersebut dapat dikelompokkan menjadi tujuh kelompok, yaitu 3 siswa yang tidak percaya diri, 1 siswa yang tidak memiliki motivasi pribadi, 2 siswa yang takut salah, 3 siswa yang takut diejek. /terintimidasi, 1 orang siswa yang lingkungannya tidak mendukung, 4 orang siswa yang pendidiknya tidak kompeten, 1 orang siswa yang tidak sesuai fasilitas.
Copyrights © 2024