JUARA: JURNAL WAHANA ABDIMAS SEJAHTERA
Volume 5, Nomor 2, Juli 2024

PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI JABODETABEK

Panduwaty, Lira (Unknown)
Nazma, Diani (Unknown)
Trilaksmi, Antin (Unknown)
Amalia, Husnun (Unknown)
Rachmiyani, Irmiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Bantuan hidup dasar (BHD) merupakan suatu upaya atau tindakan kegawatdaruratan dengan tujuan untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang masih mempunyai harapan hidup saat mengalami henti jantung atau henti napas. Tindakan ini dapat dilakukan oleh orang awam (bystander) sebelum paramedis atau tim medis datang ke lokasi kecelakaan. Namun sangat disayangkan bahwa pengetahuan mengenai bantuan hidup dasar masih rendah dikalangan masyarakat awam. Kurangnya pengetahuan mengenai tindakan Bantuan Hidup Dasar pada masyarakat awam merupakan salah satu faktor menyebabkan tingginya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai manfaat dan dampak terhadap pengetahuan mengenai bantuan hidup dasar yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang sebelum paramedis tiba di lokasi kejadian kecelakaan lalu lintas. Dengan penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dari pengemudi ojek online dan menambah kepercayaan diri dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas yang mungkin dapat mereka temukan di jalanan. Metode yang digunakan adalah berupa presentasi dan video mengenai BHD, disertai simulasi menggunakan phantom BHD, dan untuk mengetahui pengetahuan BHD digunakan kuesioner pretest dan posttest. Hasil dari penyuluhan ini dapat memberi luaran berupa publikasi dan HKI mengenai peningkatan pengetahuan mengenai BHD pada pengemudi ojek online di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Environmental Science Social Sciences

Description

Berbagai permasalahan yang terkait dengan layanan masyarakat perlu ditangani dan dikelola dengan baik. Di lain pihak pengembangan dan penerapan ipteks, model, konsep, hasil penelitian dan pemikiran perlu diimplementasikan untuk meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta mitra dalam ...