Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 2 No 3 (2024): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKS Muhammadiyah Bungoro

Nurfadillah (Unknown)
Muhlisa, Nurul (Unknown)
Akram (Unknown)
Samaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Pentingnya belajar matematika tidak terlepas dari kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa akan mampu menerapkan matematika dalam konteks yang berguna bagi siswa, baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam dunia kerja kelak. Penguasaan materi matematika menjadi suatu keharusan bagi siswa mangingat urgensi dan keterlibatan matematika pada ilmu pengetahuan dan menjadi dasar dari ilmu lainnya. . Namun kenyatannya, mayoritas siswa di kelas menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit dan membosankan. Hal ini sesuai dengan hasil pengamatan di kelas yang menunjukkan bahwa kebanyakan siswa kurang berminat pada matematika, hal ini dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang matematika yang sulit serta adanya kecenderungan bahwa yang ditampilkan oleh guru kepada siswa adalah deretan rumus-rumus abstrak dan membosankan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan sampel penelitian kelas X Las 2 SMKS Muhammadiyah Bungoro. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama 2 siklus dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle lebih baik efektif . Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan disiklus I sebesar 58,54, aspek keterampilan 47,5 dan aspek sikap 59,58. Pada siklus ke II rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan sebesar 76,48, aspek keterampilan 71,25 dan aspek sikap sebesar 63,5.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...