Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

TRANSFORMASI PEMBELAJARAN: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD SWASTA PANGERAN ANTASARI

Simamora, Saut Mardame (Unknown)
Rizky, Muhammad (Unknown)
Eprilia, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Rendahnya motivasi belajar di SD Swasta Pangeran Antasari harus diatasi. Salah satu caranya menggunakan metode pembelajaran talking stick. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode tersebut terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif berjenis eksperimen dengan tipe one group. Sampel pada penelitian ini berjumlah 15 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 3,5 poin terhadap motivasi belajar siswa dan hasil uji paired sample t-test sebesar 0,309. Berdasarkan hal tersebut penulis menyimpulkan bahwa adanya pengaruh tetapi tidak signifikan penggunaan metode pembelajaran talking stick terhadap motivasi belajar siswa di SD Swasta Pangeran Antasari dan belum bisa menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...