Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SATU ATAP KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG

Aqis Yuliansyah (IKIP PGRI Pontianak)
Dini Hajjafiani (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dalam kehidupan sehari-hari masih banyak yang kurang memperhatikan kesantunan berbahasa, kesantunan berbahasa sangat penting dalam berkomunikasi, di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah sering ditemukan beberapa penggunaan bahasa yang kurang sopan. Fokus masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah analisis prinsip kesantunan berbahasa antara guru dan siswa kelas VIII SMPN 9 Satu Atap Sungai Ambawang. Adapun sub fokus masalah penelitian ini,1. Bagaimanakah maksim kebijaksanaan berbahasa antara guru dan siswa. 2. Bagaimanakah maksim kedermawanan berbahasa antara guru dan siswa. 3. Bagaimanakah maksim penghargaan berbahasa antara guru dan siswa. Tujuan penelitianm mendeskripsikan maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan dalam berbahasa antara guru dan siswa. Penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini guru dan siswa dan data pada penelitian berupa hasil wawancara, hasil catatan data, hasil rekaman, dokumentasi. Teknik pengumpul data yang digunakan observasi langsung, komunikasi langsung, dokumenter ,simak libat cakap, teknik catat, Alat pengumpul data yaitu panduan observasi, pedoman wawancara, alat dokumentasi, alat rekam, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...