Motivasi yang tinggi ini sering kali menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam dan keterampilan yang lebih kuat, baik dalam literasi maupun numerasi.Penelitian ini akan menyajikan bagaimana PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbagai aspek. Penelitian ini meneliti dampak Project Based Learning (PBL) terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa SMP Neg. 12 Medan. Data survei dari siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, dengan validitas diuji oleh ahli pendidikan dan reliabilitas diukur menggunakan koefisien Cronbach's Alpha. Hasilnya menunjukkan bahwa PBL memiliki dampak positif signifikan, meningkatkan kemampuan membaca, menulis, pemahaman informasi, serta pemahaman angka dan aplikasi konsep matematika. Tingkat kepuasan dan motivasi belajar siswa terhadap PBL juga tinggi. Analisis menunjukkan bahwa frekuensi partisipasi dan kepuasan terhadap PBL merupakan prediktor utama peningkatan literasi dan numerasi. Temuan ini mendukung implementasi PBL dalam kurikulum sekolah untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024