Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENANGGULANGAN BULLYING DI SMPS ULUMUL ISLAM

Mutia, Farah (Unknown)
Almuhajir, Almuhajir (Unknown)
Alwi, Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

Bullying merupakan masalah serius dalam pendidikan di Indonesia yang mempengaruhi lingkungan belajar dan kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi kepala sekolah dalam penanggulangan bullying di SMPS Ulumul Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Implementasi kepala sekolah meliputi pembentukan tim penanggulangan bullying, penyuluhan anti-bullying, dan pembentukan guru wali di tiap kelas serta menciptakan agen perubahan disekolah. Model bullying yang terjadi meliputi fisik, verbal, dan sosial, dengan dampak signifikan terhadap lingkungan belajar, termasuk gangguan psikologis, emosional, dan pembelajaran. Penanganan bullying membutuhkan kolaborasi antar pihak terkait, program pelatihan, dan sanksi tegas. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan staf dan kerjasama dengan orang tua serta komunitas. Dengan demikian, langkah preventif dan responsif penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi semua siswa di SMPS Ulumul Islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...