Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Eksplorasi Nilai Karakter Pada Penyelesaian Masalah Materi Bilangan Di Kelas VII SMP Lkia Pontianak

Asanti, Fitri Nur (Unknown)
Hartoyo, Agung (Unknown)
Halini, Halini (Unknown)
Bistari, Bistari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Eksplorasi nilai karakter siswa pada penyelesaian masalah materi bilangan di Sekolah Menengah Pertama dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang tidak bersemangat pada pelajaran matematika dan mengakibatkan nilai matematika siswa rendah. Hal tersebut menunjukkan nilai karakter siswa yang belum terlihat sehingga bertolak belakang dengan implementasi nilai karakter yang terdapat pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai karakter siswa pada penyelesaian masalah materi bilangan di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VII di SMP LKIA Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. alat bantu yang digunakan adalah tes tertulis, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan memiliki tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah nilai karakter jujur, kerja keras, dan kreatif muncul sebesar 66,7% sedangkan untuk nilai karakter rasa ingin tahu dan percaya diri muncul sebesar 33,3%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...