Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Musa'ad, Faida (Unknown)
Ahmad, Rizky Ekawaty (Unknown)
Sundari, Sundari (Unknown)
Hidayani, Hidayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Pendidikan matematika memainkan peran penting dalam mengembangkan keterampilan logika, analitis, dan kemampuan pemecahan masalah para siswa. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang bersifat abstrak, yang berdampak negatif pada kemampuan mereka dalam berpikir secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pra-eksperimental dengan desain pretest dan posttest. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai awal siswa adalah 43,111, dengan distribusi data yang normal, dan rata-rata peningkatan gain sebesar 0,66. Dari disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam konteks pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...