Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran IPAS untuk Literasi Sains Inklusif di Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur

Novi Yuliyanti (Universitas Muhadi Setiabudi)
Ratih Purnama Pertiwi (Universitas Nurul Huda, Oku Timur)
Sarwi (Universitas Negeri Semarang)
Sri Wardani (Universitas Negeri Semarang)
Mukh Doyin (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Pendidikan sains di tingkat dasar memiliki peran yang krusial dalam membentuk pemahaman yang kokoh terhadap dunia sekitar. Kebutuhan akan literasi sains yang inklusif semakin meningkat, menuntut pendekatan holistik yang memperhitungkan realitas sosial, budaya, dan lingkungan tempat siswa belajar. Dalam konteks ini, pendekatan etnosains menawarkan kerangka kerja yang berpotensi untuk memperkaya pengalaman belajar sains siswa dengan mempertimbangkan konteks budaya dan sosial mereka. Tinjauan literatur ini menyajikan temuan-temuan dari berbagai kajian penelitian terkait dengan pendekatan etnosains dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Analisis terhadap literatur menunjukkan bahwa implementasi pendekatan etnosains dapat membantu meningkatkan literasi sains siswa dengan memperhatikan kebutuhan khusus mereka, memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta memperkaya pengalaman belajar melalui integrasi pengetahuan lokal, tradisional, dan kontekstual. Namun, tantangan dalam implementasi pendekatan ini, seperti pemahaman yang mendalam tentang keberagaman budaya siswa dan pengembangan kurikulum yang relevan, juga perlu diperhatikan. Dengan memperhitungkan temuan-temuan ini, penelitian lanjutan dapat mengembangkan strategi dan praktik terbaik dalam penerapan pendekatan etnosains dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan bermakna bagi semua siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...