Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah

Nelfia Nofitri (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Iswantir (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Zulfani Sesmiarni (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Supratman Zakir (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model active learning tipe think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest-Post-test Control Group Design. Data penelitian motivasi dikumpulkan dengan angket dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan pretest dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji MANOVA, kemudian di analisis dengan bantuan Software SPSS.25. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model active learning tipe think pair share terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN Lima Puluh Kota. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Jika dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI juga terdapat pengaruh penerapan model active learning tipe think pair share dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Kemudian untuk motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI juga terdapat pengaruh penerapan model active learning tipe think pair share dengan hasil Fhitung = 128.580 dengan Ftabel = 3.204 (Fhitung > Ftabel) dimana setiap analisis memiliki nilai signifikansi 0.000 yang berarti nilai signifikansinya kurang dari 0.05(0.000 < 0.05). Jadi dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh penerapan model active learning tipe think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN Lima Puluh Kota”. Kata kunci:

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...