Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Kajian Struktural Legenda Malin Kundang dan Peranannya dalam Materi Cerita Fantasi Bahasa Indonesia

Henni Julia Citra Sitorus (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sumiyadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Halimah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis struktur legenda Malin Kundang dan peranannya dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fantasi di tingkat VII SMP. Legenda Malin Kundang, yang kaya dengan nilai moral dan budaya, sering digunakan sebagai materi ajar untuk mengembangkan keterampilan peserta didik sekaligus melestarikan budaya lokal. Namun, legenda ini juga mengandung unsur kekerasan yang perlu dikelola dengan bijak dalam konteks pendidikan. Melalui kajian struktural, penelitian ini mengidentifikasi komponen kunci narasi seperti tema, alur, karakter. latar, judul, gaya/tone, simbolisme dan ironi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan legenda Malin Kundang sebagai materi cerita fantasi dapat membantu peserta didik mengembangkan imajinasi, memahami nilai-nilai moral, dan meningkatkan kesadaran kritis peserta didik terhadap isi dan pesan dalam legenda Malin Kundang. Dengan bimbingan yang tepat dari pengajar, struktur legenda Malin Kundang dapat menjadi inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita fantasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...