Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Tinggi dalam Merencanakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Fitri Rachmiati Sunarya (Institut Agama Islam Al-Zaytun)
Hanafiah (Universitas Islam Nusantara)
Sri Handayani (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Perubahan dalam kurikulum menjadi suatu keharusan. Pertumbuhan IPTEKS yang sangat cepat mengharuskan pendidikan untuk tidak terpaku pada kurikulum yang sudah ada dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui perencanaan manajemen kurrikulum dan sisitem penilaian perguruan tinggi dalam mengaplikasikan kurikulum MBKM Kurikulum Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia ini dirancang guna pelatihan bagi mahasiswa untuk mewujudkan dunia pendidikan tinggi tidak terpisah dan berjarak dengan dunia kerja yang riil yang ada di masyarakat. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, dengan mengkaji fenomena melalui pengumpulan data non-numerik untuk memahami makna, pengalaman dan perspektif. Teknik pengumplan data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara Mendalam (Indepth Interview) dan dokumentasi. Sementara dalam menganalisa data, penelitian ini menggunakan teknis analisa data Milles dan Huberman dimana analisis data meliputi tiga tahapan kegiatan yang dilakukan secara simultan. Manajemen Kurikulum MBKM (MerdekaBelajar Kampus Merdeka) di Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia dengan paradigma integrasi nilai-nilai Ulul Albab, pendekatan pembelajaran Ulul Albab menggabungkan prinsip-prinsip Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan konsep Ulul Albab. Sistem penilaian dalam perencanaan kurikulum MKBM di Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia yaitu berbasis learning outcome berdasar pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) pada setiap program studi. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Sistem Penilaian, Kurikulum MBKM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...