Jurnal Ilmiah Kepesantrenan
Vol. 2 No. 01 (2024): January - June 2024

PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN MELALUI METODE TASMI’ DI PONDOK PESANTREN TAQIA AS-SALAM AMUNTAI

Ahmad Rifa'i (Unknown)
Rusdi (Unknown)
Zubaidillah, Muh. Haris (Unknown)
Nuruddaroini, M. Ahim Sulthan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Tasmi' dalam penguatan hafalan Al-Qur'an di Pondok Pesantren Taqia As-Salam Amuntai. Fokus penelitian meliputi: (1) penerapan metode Tasmi', (2) faktor pendukung dan penghambat, serta (3) solusi untuk mengatasi hambatan dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi di Pondok Pesantren Taqia As-Salam Amuntai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tasmi' dilakukan melalui empat tahapan: (1) menyetorkan hafalan satu juz, (2) pengujian setiap 2 lembar dalam 4 kali setoran, (3) pengujian setiap 5 lembar dalam 2 kali setoran, dan (4) pengujian 10 lembar dalam 1 kali setoran. Setelah itu, santri melaksanakan sima'an kepada teman-teman mereka. Faktor pendukung meliputi niat yang kuat, motivasi dari ustadz/ustadzah, dukungan orangtua, intelegensi, lingkungan yang nyaman, dan manajemen waktu yang baik. Faktor penghambat mencakup rasa malas, kesulitan mengatur waktu, jarangnya mengulang hafalan, ketiadaan pembimbing, kecintaan berlebih pada dunia, hati yang kotor, dan kurangnya penghayatan terhadap Al-Qur'an. Solusi yang diterapkan antara lain pembinaan intensif dari ustadz/ustadzah, penggunaan mushaf yang seragam, pembiasaan shalat Dhuha dan Tahajud, serta sistem reward and punishment.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almahad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

It is designed to be a useful source of information for readers interested in learning about various aspects of education in ...