Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 8, No 2 (2024)

PENGARUH TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIVITAS VERBAL SISWA

Riska, Riska (Unknown)
Gutji, Nelyahardi (Unknown)
Yaksa, Rully Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari teknik self-management untuk mengurangi perilaku agresivitas verbal siswa. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif dan desain quasi eksperimental dengan model nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 26 siswa menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji persentase, uji normalitas, uji homogenitas, dan T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perilaku agresivitas verbal siswa kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 31%, 2) perilaku agresivitas verbal siswa kelompok eksperimen sesudah diberikan perlakuan berada pada kategori rendah dengan persentase 27%. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan diperoleh T-hitung yaitu sebesar -3,483. Adapun nilai dari T-tabel dengan nilai Sig. (2- tailed) 0,05 yaitu sebesar 2,056. Karena T-hitung > T-tabel maka hipotesis dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ke arah positif dari teknik self-management untuk mengurangi perilaku agresivitas verbal siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...