Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (3)

Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Akuntansi pada Pembelajaran Komputer Akuntansi

Alifia Rafa Aprilianti (Universita Sebelas Maret)
Siswandari Siswandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah kejuruan akuntansi ditingkatkan oleh paradigma pembelajaran berbasis masalah (PBL). Dengan desain pretest-posttest satu kelompok, jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimental. Ada delapan belas siswa dalam pendekatan purposive sampling. Posttest digunakan sebagai bagian dari proses evaluasi untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa. Metode analisis data menggunakan uji-t untuk uji hipotesis dan uji prasyarat. Sebagai konsekuensinya Aplikasi pengolahan data SPSS, versi 23.0 untuk Windows, digunakan untuk memproses data. Nilai sig. 0,000> 0,05 dan nilai t 14,028> 2,131 menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menerima terapi, menurut temuan penelitian. Model PBL berhasil dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menurut temuan penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...