Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2024): Mei - Agustus 2024

Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar

Ismiyati Arsyad (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Haris Panai (Universitas Negeri Gorontalo)
Andi Marshanawiah (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalu model PBL berbantuan media Kahoot pada materi bangun ruang kelas V di SDN 84 Sipatana?”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode penelitian yang digunakan. Siswa yang terlibat dalam penelitian adalah siswa kelas V di SDN 84 Sipatana, dan data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hanya 9 orang dari 24 siswa, atau 38%, mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang, atau 67%, belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di bawah 75. Hasil penelitian pada siklus pertama, di mana 12 siswa mencapai KKM dengan persentase 50%, menunjukkan hal ini. Kemudian pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 21siswa dengan peresentase 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan media kahoot secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 84 Sipatana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...