Promosi dan pemasaran telah lama dikaitkan dengan komunikasi karena merupakan alat bagi organisasi terhubung dengan khalayaknya. Olahraga merupakan sarana yang efektif untuk membujuk masyarakat, dan industri olahraga menggunakan promosi dan pemasaran untuk menjangkau penggemar dan masyarakat, serta memperoleh pendapatan dari kegiatan tersebut. Promosi dan pemasaran olahraga telah menjangkau khalayaknya melalui saluran komunikasi, yang disebut sebagai media konvensional seperti media cetak dan media elektronik, dan yang paling baru adalah media digital yang dikenal sebagai media baru. Untuk mengetahui perkembangan promosi dan pemasaran olahraga, digunakan metode kualitatif dengan studi literatur dan wawancara terkait pemasaran dan promosi olahraga di era digital. Kemajuan teknologi di mana manusia memasuki era digital juga berdampak pada cara organisasi menggunakan promosi dan pemasaran olahraga untuk menarik perhatian massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di era digital ini, agar promosi dan pemasaran olahraga yang dilakukan lebih efektif maka entitas olahraga harus memanfaatkan semua saluran komunikasi termasuk media baru untuk meraup keuntungan lebih besar, menjangkau lebih banyak khalayak, terhubung setiap saat dengan orang-orang, dan semakin dekat dengan para penggemar.
Copyrights © 2024