Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 8 No 1 (2024)

Analisis Kesiapan Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Ogan Ilir dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Selpiana Agustianda (MTs Tsanawiyah Al Ittifaqiah, Indralaya-Ogan Ilir, Indonesia)
Puja Tri Wulandari (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia)
Siti Nurhayati (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia)
Saleh Hidayat (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia)
Wulandari Saputri (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia)
Meli Astriani (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka menerapkan konsep “Merdeka Belajar” untuk mendukung upaya proses pemulihan krisis pembelajaran pada Kurikulum 2013 karena pandemi Covid-19. Implementasi Kurikulum Merdeka membutuhkan persiapan yang matang. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis kesiapan Madrasah Tsanawiyah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu Madrasah Tsanawiyah Ogan Ilir dan sampel penelitian yaitu MTs N 1 Ogan Ilir dan MTs Al-Ittifaqiah. Sebanyak 17 guru dan 2 wakil kepala bidang kurikulum di kedua Madrasah Tsanawiyah  sebagai sasaran penelitian. Data penelitian  dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara.  Hasil penelitian menyatakan bahwa Madrasah Ogan Ilir cukup siap untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan nilai rata-rata 66,2. Indikator kesiapan meliputi tiga aspek diantaranya kesiapan terhadap perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan proses penilaian. Menurut ketiga aspek kesiapan, yang paling siap dengan nilai tinggi yaitu kesiapan pada perencanaan pembelajaran dengan nilai 68,8. Sedangkan kesiapan pada proses penilaian termasuk kategori siap rendah dengan nilai 63,7. Dengan demikian, perlu ada peningkatan pada pelatihan ataupun sosialisasi sehingga tingkat kesiapan guru meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...