Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 8 No 1 (2024)

Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Suplemen Praktikum Mikrobiologi

Dewi Jumiarni (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia)
Rendi Zulni Ekaputri (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia)
Refky Rahma Hidayat (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia)
Mimi Halimah (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasudan, Indonesia)
Sri Irawati (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan virtual laboratory yang layak untuk pembelajaran Mikrobiologi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode ADDIE, yang terdiri dari lima fase yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu yang sedang mengambil matakuliah mikrobiologi sebanyak 20 orang untuk uji kepraktisan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara dan lembar angket. Data hasil validasi kelayakan dan uji kepraktisan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil uji validasi oleh validator menunjukkan bahwa produk virtual laboratory yang dikembangkan diperoleh skor 95,45% dari ahli materi, dan skor 91,67 % dari ahli media. Hasil uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 92,14% dengan kriteria sangat praktis. Disimpulkan bahwa virtual laboratory mikrobiologi yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai suplemen praktikum mikrobiologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...