Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi pada materi bagian-bagian busana; meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian busana; dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media game edukasi. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Sampel berjumlah 30 siswa Kelas X BS4 ditetapkan secara Total Samling. Teknik pengumpulan data melalui tes, untuk melihat hasil belajar siswa dan observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata 65,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,13%. Nilai ketuntasan klasikal pada siklus I hanya 10% dan terjadi peningkatan hingga 80% pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapat nilai rata-rata 3,6 (kategori sangat baik) dan pada siklus II meningkat sebesar 0,26% dengan nilai rata-rata 3,86 (kategori sangat baik). Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 3,5 (kategori sangat baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata meningkat 0,11% menjadi 3,61 (kategori sangat baik). Respon siswa terhadap penerapan media game edukasi memperoleh nilai keseluruhan 87,06% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa melalui media game edukasi terjadi peningkatkan hasil belajar siswa Kelas X BS4 SMK 3 Banda Aceh pada materi bagian-bagian busana. Disarankan agar sebaiknya guru dapat menerapkan media game edukasi pada materi lainnya.Kata Kunci: game edukasi, media pembelajaran, siswa SMK
Copyrights © 2018