Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD

Ribka Sihaloho (Universitas Katolik Santo Thomas)
Rumiris Lumban Gaol (Universitas Katolik Santo Thomas)
Regina Sipayung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa, Model penelitian ini adalah metode deskriptif yang dilaksanakan pada satu kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model Circuit Learning termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata 81,86. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung < Ltabel yaitu 0,200 > 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal. Pada pengujian korelasi, nilai koefisien sebesar 0,665 artinya rhitung ≥ rtabel 0,361. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 117851 Aek Nabara. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung adalah 4,708 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan α = 0,05. Oleh karena itu thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,708 ≥ 1,697 maka terbukti bahwa hipotesis nilai atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Circuit Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 117851 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...