Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SISWA SD

Vivi Devi Permatasari (Universitas PGRI Madiun)
Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi canva pada siswa SD. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 01 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, lembar angket respons guru dan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi canva dibuat berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada, media pembelajaran yang dikembangkan pada pelajaran bahasa indonesia yang memiliki tujuan pembelajaran pada siswa dapat mengartikan dan dapat memahami materi. Sehingga media dikembangkan agar dapat dapat membantu siswa dalam pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran video animasi ini efisien untuk digunakan serta mudah digunakan siswa maupun guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...