Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa SD Negeri 2 Gandulan

Adelia Viorista Putri (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Andhika Putri Naufal (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Shofie Aisya (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Ari Suryawan (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) . Subjek penelitian adalah 27 Siswa Kelas V. Data diperoleh dengan menggunakan metode tes 20 tes pilihan ganda, 10 isian singkat dan 5 uraian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan judul Meningkatan Hasil Belajar PPKN Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Sd Negeri 2 Gandulan siswa kelas 5 pada mata pelajaran PKN diperoleh hasil belajar yang masih rendah dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 75. Adapun pelaksanaan PTK terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 tahap pelaksanaan. Adapun hasil yang diperoleh pada siklus awal yaitu diperoleh nilai rata-rata 68,5. Nilai rata- rata pada siklus 1 masih di bawah standar KKM yang telah ditetapkan. Setelah menerapkan metode PBL pada siklus II terlihat ada peningkatan, nilai rata-rata meningkat menjadi 79,8 dan telah memenuhi standar KKM. Hasil yang diperoleh diklasifikasi hasil yang meningkat dibandingkan dengan siklus I. Dengan menggunakan model PBL pada mata pelajaran PPKN ternyata dapat membantu untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil nilai belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Gandulan. Sehingga model pembelajaran PBL dapat menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKN.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...